Header Ads

Breaking News

IKAT HATI DENGAN SILATURAHMI

Design by : Kojab Media


Sahabat kojab, kita sering kali di sibukkan dengan berbagai macam kegiatan hingga kita lupa waktu - waktu yang terbuang untuk bisa silaturahmi dengan kerabat, keluarga bahkan saudara yang jauh jaraknya.

Biasanya silaturahmi memuncak saat hari raya idul fitri/ idul adha dimana banyak orang yang mudik atau pulang kampung demi bisa berkumpul dengan keluarganya, dengan silaturahmi orang bisa saling lebih dekat, banyak hal yang tercipta dari pertemuan ini, banyak hal baru dan komunikasi baru dari orang-orang yang kita temui, dalam hadistnya  Rasulullah menyampaikan “Beribadalah pada Allah SWT dengan sempurnya jangan syirik, dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan jalinlah silaturahmi dengan orang tua dan saudara” (HR. Bukhari).

Dalam hadist lainnya Rasulullah juga menjelaskan yang dimaksud dari silaturahmi ialah “Silaturahmi bukanlah yang saling membalas kebaikan. Tetapi seseorang yang berusaha menjalin hubungan baik meski lingkungan terdekat merusak hubungan persaudaraan dengan dirinya”. (HR. Bukhari)

Manusia berada dalam kehidupan sosial dimana tidak ada satu orang yang tidak membutuhkan bantuan orang lain, apa lagi di indonesia hidup dengan mayoritas penduduknya beragama islam yang sudah di tanamkan untuk saling menjaga silaturahmi karena Nabinya sendiri memerintahkan untuk menjaga tali silaturahmi dan melarang memutus tali silaturahmi, mereka yang memutus tali silaturahmi terancam dosa dan akan mendapat balasannya dari Allah SWT “Tidak ada dosa yang lebih pantas disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia bersama dosa yang di simpan untuknya di akhirat daripada perbuatan zalim dan memutus silaturahmi”. (HR. Abu Daud)

Dalam hadist lain Rasulullah mengingatkan ancaman Allah bagi orang yang memutuskan tali silaturahmi “Aku adalah yang maha pengasih (Ar Rahman). Aku membuat ikatan persaudaraan dan memberinya nama dari namaKu. Jika siapa saja yang mempertahankan ikatan silaturahmi, maka mempertahankan hubungan dengannya. Dan Aku akan memutuskan hubungan dengan siapa saja yang memutuskan hubungan silaturahmi”. (disebut dalam kitab Al-Adab Al-Mufrad).

Nah, ngeri bukan ancaman dari Allah bagi orang-orang yang memutuskan hubungan baik antar sesama saudara, hal itu adalah peringatan bagi kita maka dari peringatan yang Allah berikan kepada HambaNya, Allah juga memberikan keuntungan dan manfaat bagi orang yang mempertahankan silaturahmi, “Abu Hurairah melaporkan seseorang berkata “Ya Rasulullah, saya punya keluarga yang jika saya berusaha menyambung silaturahmi maka mereka berusaha memutuskannya, dan jika saya berbuat baik kepada mereka, maka mereka balik berbuat jelek kepadaku dan bersikap acuh tak acuh padahal saya bermurah hati pada mereka”. Rasulullah kemudian menjawab “Jika seperti yang dikatakan, maka engkau melempar debu panas di wajah mereka dan tetap disana atas kehendak Allah SWT. Allah SWT (serta malaikat yang selalu membantu) akan membuatnya terus menang atas mereka selama kamu mengikuti jalan yang baik ini”. (HR. Muslim). 

Di hadist lain Rasulullah menjelaskan Allah SWT menjamin kemakmuran mereka yang menjalin silaturahmi. “Siapa saja yang senang diberi lebih banyak kemakmuran dan umur panjang, maka dia harus menjalin hubungan baik dengan orang tua dan saudaranya”. (HR. Bukhari).

Jalinlah dan jagalah tali silarutahmi, tidak peduli orang yang balik acuh tak acuh dengan upaya kita yang berusaha menjalin hubungan baik, ingat, tidak akan rugi seseorang jika menjalin silaturahmi, mengikat hati, teringat dengan hal-hal baik dari orang-orang baik sejak hubungan silaturahmi terjalin, ada ganjaran baik bagi orang yang menjalin silaturahmi dan ada ganjaran buruk bagi orang yang memutus tali silaturahmi. 
insyaAllah kita termasuk dalam orang-orang yang selalu di jaga Allah ikatan silaturahimnya..
Aamiin Allahuma Aamiin...

Info lengkap hubungi kami : 
Lena 085372510888 
Ayu 0811629373 
Hermansyah Marpaung 08126292003 
Saipul Bahri Nababan 081360053602 

Bila ada yang memberikan infaq atau sedekah harap konfirmasi ke salah satu relawan KOJAB 
Rekening Kojab 2 Bank Syariah Mandiri 
No.Rek. 7104298545 
Atas Nama Komunitas Jum'at Berbagi 

Wassalamu'alaikum 
 #indahnyaberbagi #komunitasjumatberbagi.

Tidak ada komentar