Header Ads

Breaking News

5 KIAT KEBIASAAN BARU BIKIN BERKAH

Design by : Kojab Media

        Awal Tahun yang penuh dengan teka-teki,emmm.. apa yang akan direncanakan di tahun 2021 ini, Sahabat Kojab pasti sudah punya rencana untuk perubahan dalam diri kita yang terpenting perubahan menjadi yang lebih baik pastinya, berubah dari kebiasan lama yang kurang baik menjadi kebiasaan baru yang lebih baik, meninggalkan kebiasaan lama yang banyak menimbulkan masalah dari dalam diri kita kepada kebiasaan baru yang banyak menimbulkan manfaat bagi diri kita.

Niiih Sobat kojab, mimin beritahu kiat kiat untuk menuju perubahan yang lebih baik di tahun 2021 ini :

1.BANGUN LEBIH CEPAT 

    Yang pertama hal yang akan di lakukan ialah "Bangun Pagi Lebih Awal", kebiasaan baru ini dapat memaksa tubuh untuk mulai aktivitas lebih cepat, bahkan beberapa Ulama Dunia ketika di tanya "kenapa sampai usia seperti ini anda tetap terlihat bugar", maka jawabannya "saya, dari dulu, dari masih muda sudah terbiasa bangun sebelum ayam jantan berkokok, mandi, dan pergi sholat sebelum orang lain tiba". maksunya disini benar bangun lebih awal daripada orang lain dan mandi lebih pagi dapat meningkatkan kebugaran tubuh, kebiasaan ini jika dilakukan satu minggu saja pasti akan terasa manfaatnya.

2. JANGAN MUDAH MARAH

    Hal yang kedua yang dapat dilakukan untuk kebiasaan baik dari mulai pagi hingga ke pagi lagi dalam keseharian kita ialah "Jangan Mudah Marah" senyumin aja, jika ada peristiwa yang membuat resah gelisah, sabarin aja, tahan diri untuk mara, kan Rasulullah Saw dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata, seorang lelaki berkata kepada Rasulullah , 'Berilah aku wasiat.' Kemudian Beliau menjawab, 'Janganlah engkau marah.' Lelaki itu mengulang – ngulang permintaannya, (namun) Nabi (selalu) menjawab, 'Janganlah engkau marah'” (HR. Bukhari). Naah Rasulullah aja sampai mengulanginya berarti ini sangat penting, Jangan Maaaraaah, itu akan membuatmu terlihat awet muda, senyum aja penuh ramah tama, marah ada tempatnya, marahlah pada diri sendiri, kenapa saya sholatnya telat ya, kenpa saya mudah marah ya, marah kepada diri sendiri dan jadikan sebagai motivasi untuk kebiasaan baik ini. 

3. JANGAN SIA-SIAKAN WAKTUMU

    Orang yang sehat adalah orang yang menghargai tiap tiap menit waktu dalam hidupnya, dimulai dari bangun pagi perjam kedepan kita sudah punya rencana apa yang akan dilakukan sudah tertata rapi, dan sebagai manusia yang baik selalu waspada dengan waktu, perhatian, karena setiap waktu yang berjalan tidak dapat di ulang kembali, maka jangan luput satu detikpun apa yang akan dilakukan, "Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang." (HR. Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

4. JADIKAN SEMUA PEKERJAANMU IBADAH

    Setiap pekerjaan apapun yang dilakukan oleh sesorang lebih baik dan menyenangkan jika yang dilakukan tersisipkan nilai-nilai ibadah, yang akan membawa berkah, misalnya saja, ketika sedang berada dalam kendaraan coba barengi dengan berzikir daripada bengong, itu akan bernilai ibadah disetiap dzikirnya, semua hal yang akan dilakukan mulailah dengan basmallah, niatkan diri untuk ibadah, kata Rasulullah "Serendah-rendahnya iman seseorang itu adalah memindahkan duri dari jalanan yang khawatir ada orang yang menginjaknya" nah bentuk perilaku yang mungkin sepele tersebut juga dapat mendatangkan pahala, menyelamatkan semut dari genangan air juga ibadah, yang penting apa yang akan dilakukan sisipi dengan ibadah terkecil sekalipun.

5. SEDEKAH

    Naah yang Paling Penting juga di antara yang lain, untuk memulai perubahan di Tahun yang Baru ini ialah SEDEKAH, sedekah dapat dilakukan oleh semua kalangan dan sudah menjadi keharusan bagi diri sendiri, sedekah tidak hanya dalam bentuk uang melainkan bisa dari jasa,tenaga dan lainnya sesuai dengan kemampuan kita, coba biasakan dalam sehari harus ada minimal 1 kali bentuk sedekah yang kita lakukan karena Allah sudah berjanji akan beri imbalan untuk hambaNya karena sedekahnya, keutamaan sedekah bayak sekali, luas sekali keberkahan Allah kepada orang yang mau bersedekah, "Jaga lah diri kali dari neraka sekalipun hanya sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkan lah perkataan yang baik." (HR. Bukhari) naah walau hanya dengan setengah biji Kurma aja bisa menjaga diri dari api neraka, maka kata para ulama "Bersihkanlah harta kalian dengan Zakat, Obatilah orang yang sakit disekitar kalian dengan sedekah dan tolaklah bala dengan do'a", coba deh sehari sekali sedekahkan apa yang kamu punya, gak perlu banyak yang penting rutin, pasti terasa manfaatnya, Allah pasti ganti apa yang kita keluarkan di jalan Allah ganti dengan berlipat ganda. insyaAllah Allah maha menepati janji-janjinya dan gak akan pernah meleset sedikitpun.

Naaah dari kelima kiat-kiat di atas akan terasa percuma kalau gak dilakukan dengan cara di PAKSA, paksain aja, kalau gak di paksa buat ngelakuinnya gak akan pernah berjalan,.

Ini Kebiasaan Baruku di Tahun ini..

Mana Kebiasaan barumu yang membawa kebaikan :D 
 
Ingat Gaeess... kematian bisa datang kapan aja, jangan pernah lengah karena Malaikat Maut tidak akan pernah lengah dari tugasnya.
 
Semoga Bermanfaat.


Info lengkap hubungi kami : 
Lena 085372510888 
Ayu 0811629373 
Hermansyah Marpaung 08126292003 
Saipul Bahri Nababan 081360053602 

Bila ada yang memberikan infaq atau sedekah harap konfirmasi ke salah satu relawan KOJAB 
Rekening Kojab 2 Bank Syariah Mandiri 
No.Rek. 7104298545 
Atas Nama Komunitas Jum'at Berbagi 

Wassalamu'alaikum 
 #indahnyaberbagi #komunitasjumatberbagi.

Tidak ada komentar